The Influence of Brand Image, Brand Trust and Brand Attitude on Interest in Becoming a Customer of Panin's Bank Savings and Current Accounts (Study at Bank Panin KCP Tambak Langon Surabaya)


  • (1) * Mochamad Syaifudin Al Azis            STIE Perbanas Surabaya  
            Indonesia

  • (2)  Soni Harsono            STIE Perbanas Surabaya  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

 

Pada era Globalisasi persaingan bisnis antar Bank semakin ketat. Bank yang ingin terus berkembang dan meningkat harus mampu memberikan produk yang berkualitas. Namun, untuk menjadi Bank yang unggul dalam persaingan bukanlah sebuah hal yang mudah, diperlukan pengelolaan manajemen yang bagus dan berkualitas. Selain itu dibutuhkan pula strategi yang maksimal.

Menurut UU RI No.10 1998, Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak. OJK mencatat hingga akhir Desember 2018, ada sebanyak 115 Bank di Indonesia dengan komposisi ada 5 Bank BUKU IV  dan menguasai 51,03% asset perbankan. Bank BUKU III ada 28 Bank dengan pengusaan asset 35,23%. Bank BUKU II sebanyak 59 Bank dengan pangsa asset 12,65% dan Bank BUKU I sebanyak 22 Bank dan penguasaan asset hanya 1,08%. Di antara Bank tersebut, terdapat Bank Panin yang didirikan pada tahun 1971 yang merupakan hasil dari merger dari 3 Bank, yaitu Bank Kemakmuran, Bank Industri Jaya dan Bank Industri Dagang Indonesia. Berdasarkan data keuangan per September 2018, Bank nasional dengan asset tertinggi masih  disematkan pada Bank BRI, peringkat ke dua terdapat Bank Mandiri, diikuti secara berututan Bank BCA, Bank BNI, Bank BTN, Bank CIMB Niaga, Bank Panin, Bank OCBC NISP,

Author Biographies

Mochamad Syaifudin Al Azis, STIE Perbanas Surabaya

Program Magister

Soni Harsono, STIE Perbanas Surabaya

Program Magister

References

Abdillah, W., dan Jogiyanto. 2015. Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Abrazi, Mehdi, Reza Abahchian Ghassemi, Leila Nasrolahi Vosta. 2014. Analysing the Effect of Social Media on Brand Attitude and Purchase Intention: The Case of Iran Khodro Company. Procedia-Social and Behavioral Sciences 143 (2014) 822-826
Adji, Jennifer dan Hatane Semuel. MS. 2012. Pengaruh Satisfaction dan Trust terhadap Minat Beli Konsumen (Purchase Intention) di Starbucks The Square Surabaya. Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2014) 1-10
Ahmed, Zohaib et all. 2014. Effect of Brand Trust and Customer Satisfaction on Brand Loyalty in Bahawalpur. Journal of Sociological Research, Vol.5, No. 1.
Al Azzam, Abdel Fattah Mahmoud. (2015). The Impact of Service Quality Dimensions on Customer Satisfaction: A Field Study of Arab Bank in Irbid City, Jordan. European Journal of Business and Management, 17(15). pp. 45-53.
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Cetakan 5. Bandung: CV Alfabeta.
Saidani, Basrah, Muh. Siful Muztahid dan Adrian Haro. 2017. The Influence of Perceived Quality, Brand Image, and Emotional Value towards Purchase Intention og Consina Backpack. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol 8, No. 1. 2017.
Bouhlel, O., Nabil M., Doraf H., and Ichrak B.S. 2011. Brand Personality’s Influence on the Purchase Intention : A Mobile Marketing Case. International Journal of Business and Management, Vol. 6, No. 9, pp 210-227.
Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Ghozali, 2014. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP, Semarang.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Iswara, I Gede Agus Dana dan I Made Jatra. 2017. Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Unud,Vol. 6, No. 8. 2017. ISSN: 2302-8912.
Juliansyah, Noor,. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Muhammad Fahmi Rizanata. 2014. Pengaruh Pelanggan Terhadap Word of Mouth, Niat Beli & Retensi Pelanggan Gerai Indomaret di Surabaya. Journal of Business and Banking. 1Pp 31-42
Malhotra. 2007. Marketing Research An Applied Orientation. International Edition: Pearson.
Malhotra, N.K. 2012. Basic Marketing Research: Integration of Social Media. Jakarta : PT Index Kelompok Gramedia.
Mamahit, Philius., Agus Supandi Soegoto., dan Willie Alfa Tumbuan. 2015. Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris pada PT Hasjrat Abadi Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol. 15, No. 5, Tahun 2015
Manorek, S. L. 2016. The Influeance of Brand Image, advertising, Perceied Price toward Customer Purchase Intention (Case Study : Samsung Smartphone). 16(1), 661-670.
Republik Indonesia. 1998. Undang-Undang No.10 Tahun1998 Tentang Perbankan. Jakarta.
Shabbir, Muhammad Qasim., Khan, Anshar Ali., Khan, Saba Rasheed (2017). Brand Loyalty, Brand Image and Brand Equity : The Mediating Role of Brand Awereness. International Journal of Innovation and Applied Studies, Vol. 19 No. 2 Feb. 2017, pp. 416-423.
Semuel, Hatane dan Adi Suryanata Lianto. 2014. Analisis eWom, Brand Image, Brand Trust dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya. Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8,No. 2, Oktober 2014. ISSN 1907-235X
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syed Saad Hussain Shah,Jabran Aziz, Ahsan Raza Jaffari, Sidra Waris,Wasiq Ejaz, Maira Fatima and Syed Kamran Sherazi. 2012. The Impact of Brands on Consumer Purchase Intention. Asian Journal of Business Management 4(2): 105-110. ISSN: 2041-8752
Vidyanata, Deandra, Sunryo dan Djumilah Hadiwijojo. 2018. The Role of Brand Attitude and Brand Credibility as a Mediator of The Celebruty Endorsement Strategy To Generate Purchase Intention. Journal of Applied Management (JAM). Vol. 16, No. 3, September 2018
Published
2020-09-21
 
Section
Articles